Thursday, 11 November 2021

RPP Bahasa Jawa Kelas X Semester Ganjil Materi Aksara Jawa (1 Lembar)

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Mata Pelajaran

Sekolah

Kelas/Semester

Materi Pokok

Alokasi Waktu

Bahasa Jawa

SMK N 1 Pacitan

X / Ganjil

Aksara Jawa

1 pertemuan

 

Kompetensi dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.5     Mengidentifikasi,memahami, dan menganalisis teks beraksara Jawa/carakan Madura sesuai kaidah

3.5.1      Menandai tata tulis aksara Jawa/carakan Madura dalam wacana

3.5.2      Mengelompokkan tata tulis aksara Jawa/carakan Madura sesuai dengan fungsinya

 

A.   Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif, peserta didik dapat menandai dan mengelompokkan tata tulis aksara Jawa sesuai fungsinya dengan rasa ingin tahu,tanggung jawab, dan komunikatif selama proses pembelajaran daring di rumah.

B.   Langkah-langkah Pembeajaran

1.    Peserta didik mengamati materi tata tulis aksara Jawa berserta fungsinya.

2.    Peserta didik menanya tentang tata tulis aksara Jawa berserta fungsinya.

3.    Peserta didik mengumpulkan data tentang tata tulis aksara Jawa berserta fungsinya.

4.    Peserta didik mengasosiasi dengan menandai tata tulis aksara Jawa dalam wacana beraksara Jawa.

5.    Peserta didik mengomunikasikan hasil kerjanya dengan menuliskan sebuah ringkasan dalam sebuah table tentang tata tulis beserta fungsinya.

C.   Penilaian

1.    Sikap             : mengamati perilaku rasa ingin tahu,tanggung jawab, dan komunikatif selama proses pembelajaran daring di rumah

2.      Pengetahuan : Tes tertulis bentuk uraian tentang tata tulis aksara Jawa beserta fungsinya

 

 

 

Mengetahui

Kepala SMK N 1 Pacitan

 

 

Drs. Joko Supriyadi, M.Pd.

NIP. 19670505 199802 1 006

Pacitan, 12 Juli 2021

Guru Mata Pelajaran

 

 

Putri Al Nasrum, S. Pd.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Mata Pelajaran

Sekolah

Kelas/Semester

Materi Pokok

Alokasi Waktu

Bahasa Jawa

SMK N 1 Pacitan

X / Ganjil

Aksara Jawa

2 pertemuan

 

Kompetensi dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

4.5   Menyusun paragraf   menggunakan aksara Jawa/ carakan Madura sesuai kaidah .

 

4.5.1  Menulis kalimat menggunakan aksara Jawa /carakan Madura sesuai kaidah.

4.5.2  Menulis paragraf  menggunakan aksara Jawa /carakan Madura sesuai kaidah

4.5.3  Mengalihtuliskan paragraf beraksara Latin ke  aksara Jawa /carakan Madura sesuai kaidah

 

A.   Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif, peserta didik dapat menulis kalimat, paragraf, dan mengalihtuliskan teks aksara Jawa dengan rasa ingin tahu,tanggung jawab, dan komunikatif selama proses pembelajaran daring di rumah.

B.   Langkah-langkah Pembeajaran

1.    Peserta didik mengamati sebuah teks beraksara Jawa.

2.    Peserta didik menanya tentang tata cara menulis kalimat dan paragraph berakasara Jawa serta mengalihtuliskan teks beraksara Latin ke aksara Jawa.

3.    Peserta didik mengumpulkan data tentang cara tata cara menulis kalimat dan paragraph berakasara Jawa serta mengalihtuliskan teks beraksara Latin ke aksara Jawa.

4.    Peserta didik mengomunikasikan dengan menulis kalimat dan paragraf beraksara Jawa serta mengalihtuliskan teks beraksara Latin ke aksara Jawa.

C.   Penilaian

1.    Sikap             : mengamati perilaku rasa ingin tahu,tanggung jawab, dan komunikatif selama proses pembelajaran daring di rumah

2.      Keterampilan            : Produk hasil menulis kalimat dan paragraf beraksara Jawa serta mengalihtuliskan teks beraksara Latin ke aksara Jawa

 

Mengetahui

Kepala SMK N 1 Pacitan

 

 

Drs. Joko Supriyadi, M.Pd.

NIP. 19670505 199802 1 006

Pacitan, 12 Juli 2021

Guru Mata Pelajaran

 

 

Putri Al Nasrum, S. Pd.

 

RPP Bahasa Jawa Kelas X Semester Ganjil Materi Teks Lakon (Drama) (1 Lembar)

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Mata Pelajaran

Sekolah

Kelas/Semester

Materi Pokok

Alokasi Waktu

Bahasa Jawa

SMK N 1 Pacitan

X / Ganjil

Drama (bermain peran)

2 pertemuan

 

Kompetensi dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.3  Memahami karakteristik bahasa lisan dalam kegiatan bermain peran, dialog, dan  berdiskusi sesuai dengan tatakrama.

 

3.3.1   Mengidentifikasi ciri ragam bahasa lisan dalam teks bermain peran.

3.3.2   Menganalisis karakteristik bahasa lisan dalam bermain peran

 

A.   Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri dan menganalisis karakteristik ragam bahasa lisan dengan rasa ingin tahu,tanggung jawab, dan komunikatif selama proses pembelajaran daring di rumah.

B.   Langkah-langkah Pembeajaran

1.    Peserta didik mengamati materi tentang unggah-ungguh basa berdasarkan ciri-ciri dan karakteristik jenisnya.

2.    Peserta didik menanya tentang ciri-ciri dan karakteristik jenis unggah-ungguh basa.

3.    Peserta didik mengumpulkan data tentang ciri-ciri dan karakteristik unggah-ungguh basa.

4.    Peserta didik mengasosiasi dengan mengidentifikasi ciri ragam Bahasa lisan dan menganalisis krakteristik Bahasa lisan dalam sebuah teks dialog (drama).

5.    Peserta didik mengomunikasikan hasil kerjanya dengan menuliskan hasil kerjanya dan dikumpulkan melalui aplikasi pembelajaran daring.

C.   Penilaian

1.    Sikap             : mengamati perilaku rasa ingin tahu,tanggung jawab, dan komunikatif selama proses pembelajaran daring di rumah

2.      Pengetahuan            : Tes tertulis bentuk uraian tentang ciri dan karakteristik jenis bahasa lisan (unggah-ungguh basa)

 

 

 

Mengetahui

Kepala SMK N 1 Pacitan

 

 

Drs. Joko Supriyadi, M.Pd.

NIP. 19670505 199802 1 006

Pacitan, 12 Juli 2021

Guru Mata Pelajaran

 

 

Putri Al Nasrum, S. Pd.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Mata Pelajaran

Sekolah

Kelas/Semester

Materi Pokok

Alokasi Waktu

Bahasa Jawa

SMK N 1 Pacitan

X / Ganjil

Drama (bermain peran)

2 pertemuan

 

Kompetensi dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

4.3 Bermain peran, berdialog, atau  berdiskusi sesuai  tatakrama

 

4.3.1  Menyusun teks drama sederhana.

 

A.   Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif, peserta didik dapat menyusun teks drama sederhana dengan rasa ingin tahu,tanggung jawab, dan komunikatif selama proses pembelajaran daring di rumah.

B.   Langkah-langkah Pembeajaran

1.    Peserta didik mengamati sebuah teks drama sederhana.

2.    Peserta didik menanya tentang tata cara menyusun teks drama sederhana berdasarkan sebuah narasi.

3.    Peserta didik mengumpulkan data tentang cara menyusun teks drama sederhana berdasarkan sebuah narasi.

4.    Peserta didik mengasosiasi dengan menghubungkan peran dalam narasi dengan ragam Bahasa yang digunakan

5.    Peserta didik mengomunikasikan dengan menyusun teks drama sederhana berdasarkan narasi yang telah disediakan oleh guru.

C.   Penilaian

1.    Sikap             : mengamati perilaku rasa ingin tahu,tanggung jawab, dan komunikatif selama proses pembelajaran daring di rumah

2.      Keterampilan            : Produk hasil menginterpretasi dengan menyusun teks drama sederhana berdasarkan narasi.

 

Mengetahui

Kepala SMK N 1 Pacitan

 

 

Drs. Joko Supriyadi, M.Pd.

NIP. 19670505 199802 1 006

Pacitan, 12 Juli 2021

Guru Mata Pelajaran

 

 

Putri Al Nasrum, S. Pd.