Monday, 26 September 2022

Modul Ajar atau RPP Bahasa Jawa Kelas 10 Kurikulum Merdeka (Fase E) Artikel

 MODUL AJAR/RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

A. Informasi umum

1. Identitas Sekolah

a. Sekolah :SMK NEGERI 1 PACITAN

b. Tahun Pelajaran : 2022/2023

c. Semester : GANJIL

d. Fase/Kelas : E / X SEMUA KOMPETENSI KEAHLIAN

e. Alokasi Waktu : 4 PERTEMUAN (8 X 45 MENIT)

 

 

2. Materi Pembelajaran :

Teks Non Sastra (Artikel)

 

3. Profil Pelajar Pancasila

 

B. Komponen Inti

1. Capaian Pembelajaran

Membaca dan Memirsa

Peserta didik mampu membaca dan merespon berbagai prosa/ghâncaran, wayang/topèng dhâlâng, teks beraksara Jawa/ carakan Madhurâ dari teks visual dan audio visual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Peserta didik menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual dan audiovisual secara kreatif. Peserta didik menggunakan sumber lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan isi teks dari buku, web, majalah, dan youtube.

 

2. Tujuan pembelajaran

a. Menjelaskan struktur artikel

b. Menjelaskan jenis artikel

c. Membaca ekspresif teks

d. Menganalisis isi artikel

 

3. Pemahaman Bermakna

Setelah mempelajari materi dan membaca teks artikel, siswa dapat memahami dan mengevauluasi informasi berupa gagasan, pikiran, dan isi informasi dalam teks non sastra (artikel)

 

4. Pertanyaan Pemantik

Sawise maca artikel kanthi judhul “Rusake Lingkungan Hidup”, kepiye struktur teks artikel kasebut? Coba andharna gagasan pokok saben perangan strukture lan kalebu jinis artikel apa?

 

 

5. Kegiatan pembelajaran

Pertemuan 1

a. Pendahuluan (15 menit)

· Mengkondisikan siswa  (mengecek kehadiran siswa, berdoa, dan mengecek kebersihan kelas)

· Menyampaikan tujuan

· Melakukan apersepsi/motivasi

· Menyampaikan strategi pembelajaran dan penilaian

 

b. Inti (60 menit)

· Guru menjelaskan materi tentang struktur artikel

· Guru membagi peserta didik bekerja berpasangan dan memberikan lembar kerja

· Peserta didik bekerja sama berpasang-pasangan menyelesaikan lembar kerja yang diberikan guru.

· Guru berkeliling untuk mengamati, memotivasi, dan memfasilitasi kerja sama.

· Perwakilan peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok yang lain menanggapi hasil kerja kelompok yang mendapat tugas.

· Dengan mengacu pada jawaban siswa, melalui tanya jawab guru dan peserta didik membahas berbagai strategi cara penyelesaian masalah yang tepat.

· Guru mengadakan refleksi dengan menanyakan kepada siswa tentang hal-hal yang dirasakan siswa, materi yang belum dipahami dengan baik, kesan dan pesan selama mengikuti pembelajaran.

c. Penutup (15 menit)

· Mereview materi yang dipelajari

· Memberikan apresiasi kepada kelompok terbaik

· Memberikan tugas

· Menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya

· Berdoa bersama

 

 

Pertemuan 2

a. Pendahuluan (15 menit)

· Mengkondisikan siswa  (mengecek kehadiran siswa, berdoa, dan mengecek kebersihan kelas)

· Menyampaikan tujuan

· Melakukan apersepsi/motivasi

· Menyampaikan strategi pembelajaran dan penilaian

 

b. Inti (60 menit)

· Guru menjelaskan materi tentang ciri-ciri artikel serta perbedaan artikel dan berita

· Guru membagi peserta didik bekerja berkelompok dan memberikan lembar kerja

· Guru membagikan majalah Panjebar Semangat  untuk dicari contoh dari artikel dan juga berita

· Peserta didik bekerja sama secara berkelompok menyelesaikan lembar kerja yang diberikan guru.

· Guru berkeliling untuk mengamati, memotivasi, dan memfasilitasi kerja sama.

· Perwakilan peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok yang lain menanggapi hasil kerja kelompok yang mendapat tugas.

· Guru mengadakan refleksi dengan menanyakan kepada siswa tentang hal-hal yang dirasakan siswa, materi yang belum dipahami dengan baik, kesan dan pesan selama mengikuti pembelajaran.

 

c. Penutup (15 menit)

· Mereview materi yang dipelajari

· Memberikan apresiasi kepada kelompok terbaik

· Memberikan tugas

· Menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya

· Berdoa bersama

 

Pertemuan 3

a. Pendahuluan (15 menit)

· Mengkondisikan siswa  (mengecek kehadiran siswa, berdoa, dan mengecek kebersihan kelas)

· Menyampaikan tujuan

· Melakukan apersepsi/motivasi

· Menyampaikan strategi pembelajaran dan penilaian

 

b. Inti (60 menit)

· Guru memberikan contoh tayangan tentang video artikel

· Guru menyampaikan poin penting dalam pembuatan video artikel

· Guru membagi peserta didik bekerja berkelompok

· Guru memberikan intruksi kepada siswa untuk membuat video artikel dengan tema Jurusan di SMK sesuai dengan jurusan peserta didik masing-masing

· Peserta didik bekerja sama secara berkelompok membuat kerangka video artikel

· Guru berkeliling untuk mengamati, memotivasi, dan memfasilitasi kerja sama.

· Perwakilan peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok yang lain menanggapi hasil kerja kelompok yang mendapat tugas.

· Dengan mengacu pada jawaban siswa, melalui tanya jawab guru dan peserta didik membahas berbagai strategi cara penyelesaian masalah yang tepat.

· Guru mengadakan refleksi dengan menanyakan kepada siswa tentang hal-hal yang dirasakan siswa, materi yang belum dipahami dengan baik, kesan dan pesan selama mengikuti pembelajaran.

 

c. Penutup (15 menit)

· Mereview materi yang dipelajari

· Memberikan apresiasi kepada kelompok terbaik

· Memberikan tugas

· Menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya

· Berdoa bersama

 

Pertemuan 4

a. Pendahuluan (15 menit)

· Mengkondisikan siswa  (mengecek kehadiran siswa, berdoa, dan mengecek kebersihan kelas)

· Menyampaikan tujuan

· Melakukan apersepsi/motivasi

· Menyampaikan strategi pembelajaran dan penilaian

 

b. Inti (60 menit)

· Peserta didik langsung menuju pada kelompok yang sudah dibentuk pada pertemuan sebelumnya

· Peserta didik bekerja sama secara berkelompok menyelesaikan proyek pembuatan video artikel dengan mengambil video di luar kelas namun dalam lingkup sekolah

· Guru berkeliling untuk mengamati, memotivasi, dan memfasilitasi kerja sama.

· Perwakilan peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok dan kelompok yang lain menanggapi hasil kerja kelompok yang mendapat tugas.

· Dengan mengacu pada jawaban siswa, melalui tanya jawab guru dan peserta didik membahas berbagai strategi cara penyelesaian masalah yang tepat.

· Guru mengadakan refleksi dengan menanyakan kepada siswa tentang hal-hal yang dirasakan siswa, materi yang belum dipahami dengan baik, kesan dan pesan selama mengikuti pembelajaran.

 

c. Penutup (15 menit)

· Mereview materi yang dipelajari

· Memberikan apresiasi kepada kelompok terbaik

· Memberikan tugas

· Menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya

· Berdoa bersama


Selengkapnya bisa di unduh di link PDF Modul Ajar Artikel Bahasa Daerah Kelas X Kurdeka