MODUL AJAR/RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Informasi umum
1. Identitas Sekolah
a. Sekolah :SMK NEGERI 1 PACITAN
b. Tahun Pelajaran : 2022/2023
c. Semester : GANJIL
d. Fase/Kelas : E / X SEMUA KOMPETENSI KEAHLIAN
e. Alokasi Waktu : 3 PERTEMUAN (6 X 45 MENIT)
2. Materi Pembelajaran :
Crita Wayang
3. Profil Pelajar Pancasila
B. Komponen Inti
1. Capaian Pembelajaran
Membaca dan Memirsa
Peserta didik mampu membaca dan merespon berbagai prosa/ghâncaran, wayang/topèng dhâlâng, teks beraksara Jawa/ carakan Madhurâ dari teks visual dan audio visual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Peserta didik menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual dan audiovisual secara kreatif. Peserta didik menggunakan sumber lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan isi teks dari buku, web, majalah, dan youtube.
2. Tujuan pembelajaran
a. Menganalisis unsur intrinsik cerita wayang
b. Menganalisis struktur teks cerita wayang
c. Menceritakan isi cerita wayang
3. Pemahaman Bermakna
Setelah mempelajari materi dan membaca teks cerita wayang dengan judul “Petruk Madeg Pandhita”, peserta didik dapat menganalisis struktur teks dan menceritakan isi cerita wayang “Petruk Madeg Pandhita”
4. Pertanyaan Pemantik
Sawise maca crita wayang kanthi judhul “Petruk Madeg Pandhita, kepiye struktur teks crita wayang kasebut? Coba andharna isi saka teks crita wayang “Petruk Madeg Pandhita” kasebut!
5. Kegiatan pembelajaran
Pertemuan 1
a. Pendahuluan (15 menit)
· Mengkondisikan peserta didik (mengecek kehadiran peserta didik, berdoa, dan mengecek kebersihan kelas)
· Menyampaikan tujuan
· Melakukan apersepsi/motivasi
· Menyampaikan strategi pembelajaran dan penilaian
b. Inti (60 menit)
· Guru memberikan pemahaman awal tentang sumber cerita wayang.
· Guru mengajak peserta didik secara bergantian untuk membaca teks cerita wayang “Petruk Madeg Pandhita” .
· Peserta didik secara bergantian dengan menunjuk temannya untuk meneruskan membaca teks cerita wayang “Petruk Madeg Pandhita”.
· Guru menyediakan pertanyaan yang berhubungan dengan unsur intrinsik teks cerita wayang “Petruk Madeg Pandhita”.
· Peserta didik secara berpasangan dengan teman sebangkunya mendiskusikan pertanyaan yang diberikan guru.
· Perwakilan peserta didik mempresentasikan hasil diskusinya.
· Dengan mengacu pada jawaban peserta didik, melalui tanya jawab guru dan peserta didik membahas berbagai strategi cara penyelesaian masalah yang tepat.
· Guru mengadakan refleksi dengan menanyakan kepada peserta didik tentang hal-hal yang dirasakan peserta didik, materi yang belum dipahami dengan baik, kesan dan pesan selama mengikuti pembelajaran.
c. Penutup (15 menit)
· Mereview materi yang dipelajari
· Memberikan apresiasi kepada kelompok terbaik
· Memberikan tugas
· Menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
· Berdoa bersama
Pertemuan 2
a. Pendahuluan (15 menit)
· Mengkondisikan peserta didik (mengecek kehadiran peserta didik, berdoa, dan mengecek kebersihan kelas)
· Menyampaikan tujuan
· Melakukan apersepsi/motivasi
· Menyampaikan strategi pembelajaran dan penilaian
b. Inti (60 menit)
· Guru menjelaskan materi tentang struktur teks crita wayang
· Guru bersama siswa menganalisis struktur teks cerita wayang “Petruk Madeg Pandhita”
· Peserta didik secara individu membuat mind mapping struktur teks cerita wayang “Petruk Madeg Pandhita” dengan kreativitas masing-masing.
· Kegiatan pembuatan mind mapping ini dilaksanakan pada dua kali pertemuan.
· Guru berkeliling untuk mengamati, memotivasi, dan memfasilitasi kerja individu.
· Peserta didik mengumpulkan hasil pekerjaannya yang belum selesai untuk diselesaikan pertemuan selanjutnya.
c. Penutup (15 menit)
· Mereview materi yang dipelajari
· Menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
· Berdoa bersama
Selengkapnya bisa diunduh di link berikut ini 👇👇
PDF Modul Ajar Crita Wayang Bahasa Daerah Kelas X Kurdeka (Fase E)