Thursday, 11 November 2021

RPP Bahasa Jawa Kelas X Semester Ganjil Materi Aksara Jawa (1 Lembar)

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Mata Pelajaran

Sekolah

Kelas/Semester

Materi Pokok

Alokasi Waktu

Bahasa Jawa

SMK N 1 Pacitan

X / Ganjil

Aksara Jawa

1 pertemuan

 

Kompetensi dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.5     Mengidentifikasi,memahami, dan menganalisis teks beraksara Jawa/carakan Madura sesuai kaidah

3.5.1      Menandai tata tulis aksara Jawa/carakan Madura dalam wacana

3.5.2      Mengelompokkan tata tulis aksara Jawa/carakan Madura sesuai dengan fungsinya

 

A.   Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif, peserta didik dapat menandai dan mengelompokkan tata tulis aksara Jawa sesuai fungsinya dengan rasa ingin tahu,tanggung jawab, dan komunikatif selama proses pembelajaran daring di rumah.

B.   Langkah-langkah Pembeajaran

1.    Peserta didik mengamati materi tata tulis aksara Jawa berserta fungsinya.

2.    Peserta didik menanya tentang tata tulis aksara Jawa berserta fungsinya.

3.    Peserta didik mengumpulkan data tentang tata tulis aksara Jawa berserta fungsinya.

4.    Peserta didik mengasosiasi dengan menandai tata tulis aksara Jawa dalam wacana beraksara Jawa.

5.    Peserta didik mengomunikasikan hasil kerjanya dengan menuliskan sebuah ringkasan dalam sebuah table tentang tata tulis beserta fungsinya.

C.   Penilaian

1.    Sikap             : mengamati perilaku rasa ingin tahu,tanggung jawab, dan komunikatif selama proses pembelajaran daring di rumah

2.      Pengetahuan : Tes tertulis bentuk uraian tentang tata tulis aksara Jawa beserta fungsinya

 

 

 

Mengetahui

Kepala SMK N 1 Pacitan

 

 

Drs. Joko Supriyadi, M.Pd.

NIP. 19670505 199802 1 006

Pacitan, 12 Juli 2021

Guru Mata Pelajaran

 

 

Putri Al Nasrum, S. Pd.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Mata Pelajaran

Sekolah

Kelas/Semester

Materi Pokok

Alokasi Waktu

Bahasa Jawa

SMK N 1 Pacitan

X / Ganjil

Aksara Jawa

2 pertemuan

 

Kompetensi dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

4.5   Menyusun paragraf   menggunakan aksara Jawa/ carakan Madura sesuai kaidah .

 

4.5.1  Menulis kalimat menggunakan aksara Jawa /carakan Madura sesuai kaidah.

4.5.2  Menulis paragraf  menggunakan aksara Jawa /carakan Madura sesuai kaidah

4.5.3  Mengalihtuliskan paragraf beraksara Latin ke  aksara Jawa /carakan Madura sesuai kaidah

 

A.   Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif, peserta didik dapat menulis kalimat, paragraf, dan mengalihtuliskan teks aksara Jawa dengan rasa ingin tahu,tanggung jawab, dan komunikatif selama proses pembelajaran daring di rumah.

B.   Langkah-langkah Pembeajaran

1.    Peserta didik mengamati sebuah teks beraksara Jawa.

2.    Peserta didik menanya tentang tata cara menulis kalimat dan paragraph berakasara Jawa serta mengalihtuliskan teks beraksara Latin ke aksara Jawa.

3.    Peserta didik mengumpulkan data tentang cara tata cara menulis kalimat dan paragraph berakasara Jawa serta mengalihtuliskan teks beraksara Latin ke aksara Jawa.

4.    Peserta didik mengomunikasikan dengan menulis kalimat dan paragraf beraksara Jawa serta mengalihtuliskan teks beraksara Latin ke aksara Jawa.

C.   Penilaian

1.    Sikap             : mengamati perilaku rasa ingin tahu,tanggung jawab, dan komunikatif selama proses pembelajaran daring di rumah

2.      Keterampilan            : Produk hasil menulis kalimat dan paragraf beraksara Jawa serta mengalihtuliskan teks beraksara Latin ke aksara Jawa

 

Mengetahui

Kepala SMK N 1 Pacitan

 

 

Drs. Joko Supriyadi, M.Pd.

NIP. 19670505 199802 1 006

Pacitan, 12 Juli 2021

Guru Mata Pelajaran

 

 

Putri Al Nasrum, S. Pd.

 

No comments:

Post a Comment