RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran | Sekolah | Kelas/Semester | Materi Pokok | Alokasi Waktu |
Bahasa Jawa | SMK N 1 Pacitan | XII / Ganjil | Teks anekdot | 2 pertemuan |
Kompetensi dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.1 Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis karya fiksi dan non fiksi secara lisan dan tulis. | 3.1.1 Menjelaskan karakteristik teks anekdot dibandingkan teks lain yang sejenis. 3.1.2 Menganalisis struktur teks anekdot. 3.1.3 Mengidentifikasi ciri bahasa teks anekdot. 3.1.4 Menjelaskan isi teks anekdot. |
A. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif, peserta didik dapat menjelaskan karakteristik teks anekdot dibandingkan teks lain yang sejenis, menganalisis struktur teks anekdot, mengidentifikasi ciri bahasa dan menjelaskan isi teks anekdot dengan rasa ingin tahu,tanggung jawab, dan komunikatif selama proses pembelajaran daring di rumah.
B. Langkah-langkah Pembeajaran
1. Peserta didik mengamati teks anekdot dan teks humor untuk membedakan karakteristik keduanya.
2. Peserta didik mengamati materi mengenai struktur dan ciri bahasa teks anekdot.
3. Peserta didik menanya tentang struktur dan ciri bahasa teks anekdot.
4. Peserta didik mengumpulkan data struktur dan ciri bahasa teks anekdot
5. Peserta didik mengasosiasi dengan menganalisis sebuah teks anekdot dan dianalisis struktur teks dan diidentifikasi ciri Bahasa dalam teks anekdot tersebut.
6. Peserta didik mengomunikasikan hasil kerjanya dengan mengunduh hasil kerjanya di aplikasi pembelajaran daring.
Selengkapnya unduh di link RPP Kelas 12 Materi Teks Anekdot K-13
No comments:
Post a Comment