Wednesday, 5 October 2022

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kelas 12 Bahasa Daerah Materi Drama

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Mata Pelajaran

Sekolah

Kelas/Semester

Materi Pokok

Alokasi Waktu

Bahasa Jawa

SMK N 1 Pacitan

XII / Ganjil

Unggah-ungguh basa (drama)

2 pertemuan

 

Kompetensi dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1 Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis penggunaan bahasa lisan dalam berbagai situasi sesuai tatakrama

3.1.1 Menjelaskan unggah-ungguh basa/ onḍhâgghâ bhâsa 

3.1.2 Menjelaskan karakteristik unggah-ungguh basa/ onḍhâgghâ bhâsa 

3.1.3 Menjelaskan penggunaan unggah-ungguh basa/ onḍhâgghâ bhâsa dalam teks drama.

3.1.4 Menjelaskan isi teks drama.

 

A. Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif dengan tipe TPS, peserta didik dapat menjelaskan unggah-ungguh basa, karakteristik dan penggunaan unggah-ungguh basa, serta isi teks drama dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan komunikatif selama proses pembelajaran daring di rumah.

B. Langkah-langkah Pembeajaran

1. Peserta didik mengamati dialog berbahasa Jawa yang memuat unggah-ungguh basa

2. Peserta didik menanya tentang karakteristik dan penggunaan unggah-ungguh basa.

3. Peserta didik mengumpulkan data tentang karakteristik dan penggunaan unggah-ungguh basa.

4. Peserta didik mengasosiasi dengan menjelaskan isi teks drama.

5. Peserta didik mengomunikasikan hasil kerjanya dengan membuat kesimpulan tentang karakteristik dan penggunaan unggah-ungguh basa.

C. Penilaian

1. Sikap : mengamati perilaku rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan komunikatif selama proses pembelajaran daring di rumah 

2. Pengetahuan : Tes tertulis bentuk uraian tentang karakteristik dan penggunaan unggah-ungguh basa.

 

 

 

Mengetahui

Kepala SMK N 1 Pacitan

 

 

 

Drs. Joko Supriyadi, M.Pd

NIP. 19670505 199802 1 006


Selengkapnya unduh di link 

RPP Kelas 12 Materi Drama K-13

Pacitan, 12 Juli 2021

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Putri Al Nasrum, S. Pd.


No comments:

Post a Comment