RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran | Sekolah | Kelas/Semester | Materi Pokok | Alokasi Waktu |
Bahasa Jawa | SMK N 1 Pacitan | XII / Ganjil | Unggah-ungguh basa (drama) | 2 pertemuan |
Kompetensi dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.1 Mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis penggunaan bahasa lisan dalam berbagai situasi sesuai tatakrama | 3.1.1 Menjelaskan unggah-ungguh basa/ onḍhâgghâ bhâsa 3.1.2 Menjelaskan karakteristik unggah-ungguh basa/ onḍhâgghâ bhâsa 3.1.3 Menjelaskan penggunaan unggah-ungguh basa/ onḍhâgghâ bhâsa dalam teks drama. 3.1.4 Menjelaskan isi teks drama. |
A. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif dengan tipe TPS, peserta didik dapat menjelaskan unggah-ungguh basa, karakteristik dan penggunaan unggah-ungguh basa, serta isi teks drama dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan komunikatif selama proses pembelajaran daring di rumah.
B. Langkah-langkah Pembeajaran
1. Peserta didik mengamati dialog berbahasa Jawa yang memuat unggah-ungguh basa
2. Peserta didik menanya tentang karakteristik dan penggunaan unggah-ungguh basa.
3. Peserta didik mengumpulkan data tentang karakteristik dan penggunaan unggah-ungguh basa.
4. Peserta didik mengasosiasi dengan menjelaskan isi teks drama.
5. Peserta didik mengomunikasikan hasil kerjanya dengan membuat kesimpulan tentang karakteristik dan penggunaan unggah-ungguh basa.
C. Penilaian
1. Sikap : mengamati perilaku rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan komunikatif selama proses pembelajaran daring di rumah
2. Pengetahuan : Tes tertulis bentuk uraian tentang karakteristik dan penggunaan unggah-ungguh basa.
Mengetahui Kepala SMK N 1 Pacitan Drs. Joko Supriyadi, M.Pd NIP. 19670505 199802 1 006 Selengkapnya unduh di link | Pacitan, 12 Juli 2021 Guru Mata Pelajaran
Putri Al Nasrum, S. Pd. |
No comments:
Post a Comment